Tips Kesehatan

Efek Samping Vaksin Oxford-AstraZeneca

What is up fit people!

Kesehatan itu #1, apalagi pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jika amit-amit terkena coronavirus, apakah kamu sudah divaksin guys?

Saya sendiri beberapa minggu lalu sudah divaksin Oxford-AstraZeneca yang diadakan oleh pemerintah RI di daerah rumah saya di Depok, Jawa Barat. Kalau kamu penasaran efek samping vaksin Oxford-AstraZeneca, berikut postingan saya soal itu yang sebelumnya saya tulis di Quora ID.


Kemarin siang saya baru saja mengambil dosis pertama AstraZeneca di dekat rumah.

Lanjutkan membaca “Efek Samping Vaksin Oxford-AstraZeneca”
Diet&Tips, Motivasi&Inspirasi

Evaluasi 2019 dan Resolusi Fitnes 2020 (Motivasi Body Goals dll)

What is up FIT people! Time flies so fast and will never return, apalagi jika kita sibuk mengisi hari-hari dengan kegiatan yang positif, termasuk dalam hal menjaga kesehatan dan fitnes/kebugaran. Sembari ngopi pada pagi hari yang dingin sehabis hujan deras semalaman (untungnya di wilayah Depok gak kena banjir/genangan parah) ini, saya ingin bertanya perenungan singkat kepadamu:

Apakah kamu sudah memulai bergaya hidup sehat dengan berolahraga (termasuk fitness, entah gym/calisthenics dll)? Apakah targetmu tercapai dengan baik (misalnya jadi langsing/makin kekar berotot/kuat lari jauh/makin jago skill calisthenics-nya)? Apakah kamu memiliki hambatan berarti, dan mungkin, penyesalan dalam mencapai target/goals fitnes-mu sepanjang 2019 kemarin?

Jika kita bersekolah/kuliah, bahkan termasuk bekerja sekalipun, setiap tahun pasti ketemu dengan yang namanya “evaluasi” (ujian/tes jika berhubungan dengan dunia akademis) dong? Well guys, dalam hal kesehatan dan kebugaran (fitness) sudah sepatutnya (wajib malah hemat saya) kita merenungkan juga semua hasil usaha kita dengan jujur (akuntabilitas/dapat dievaluasi), jadi ke depannya kita bisa memperbaiki diri dan selalu berkembang, baik dalam hal fisik dan mental/jiwanya (kesatuan utuh).

Lanjutkan membaca “Evaluasi 2019 dan Resolusi Fitnes 2020 (Motivasi Body Goals dll)”

How To

Bagaimana Cara dan Teknik Berlatih Kuat Pull-up yang Benar untuk Pemula?

Denis PMB Fit sedang berlatih weighted pull-up (pakai beban). Ini adalah bentuk latihan pull-up advanced untuk meningkatkan kekuatan dan repetisi pull-up kamu nanti ke depannya, ketika pull-up standar sudah kurang menantangmu lagi.

S’up FIT people! Postingan PMB Fit kali ini saya tujukan bagi para pemula di luar sana yang sedang berjuang atau ingin menguasai pull-up, apa pun tujuanmu (baik untuk estetika membangun otot punggung dan/atau mempersiapkan diri untuk ujian/tes masuk pull-up Polri & TNI). Terus terang, saya pribadi baru sadar belakangan ini ternyata bagi sebagian orang melakukan pull-up itu (apalagi bisa kuat banyak 10+ reps) ternyata tidak semudah yang diinginkan. Ini saya ketahui setelah mendapatkan banyak komentar/request dari teman-teman di media sosial PMB Fit seperti Instagram PMB Fit dan Youtube PMB Fit. So without further ado, mari kita bahas cara berlatih pull-up secara lengkap guys!

Pertama-tama, untuk mengetahui bagaimana demonstrasi visual teknik/cara melakukan pull-up kamu dan jika kebetulan kamu lebih suka nonton video, bisa simak video Youtube PMB Fit berikut ini yang membahasnya:

Lanjutkan membaca “Bagaimana Cara dan Teknik Berlatih Kuat Pull-up yang Benar untuk Pemula?”

How To

Cara Membuat Home Gym Murmer, Fitnes Rumah ‘Gratis’ Seumur Hidup Calisthenics Bar

Taman Calisthenics atau Street Workout Park. Peralatan Fitnes di Rumah menggunakan Bar yang simpel tapi sangat efektif baik untuk muscle building maupun latihan skill.

What is up FIT ppl! Saya Denis, selamat datang di PMB Fit Channel. Beberapa waktu lalu saya pernah share tentang cara membuat sendiri peralatan fitnes (home gym ala calisthenics/street workout) yaitu Pull-up bar di postingan ini. Kali ini saya ingin melengkapinya karena saya sudah berhasil menambah 1 peralatan utama lain bernama Parrarel Bar (atau sering disebut juga “Dip Bar”). Jika Pull-up bar digunakan utamanya untuk berbagai macam workout jenis PULL (menarik) dan/atau HOLD (menahan), maka sebaliknya keberadaan Parrarel/Dip Bar ini utamanya digunakan untuk fokus pada latihan fitnes berjenis PUSH (mendorong) dan/atau HOLD (menahan), tapi dalam posisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Parraletes. Kamu bisa menonton video lengkap tutorial membuat&memasangnya + contoh variasi workout pemula dalam video saya berikut ini:

Lanjutkan membaca “Cara Membuat Home Gym Murmer, Fitnes Rumah ‘Gratis’ Seumur Hidup Calisthenics Bar”

How To

Sehat Fit Tanpa Gym, Mungkinkah? Mengenal Calisthenics atau Street Workout

What is up FIT ppl! Cukup lama saya tidak posting di blog ini, kali ini saya ingin berdiskusi denganmu tentang fit journey/transformasi bugar fit manusia (setidaknya di Indonesia). Jika kamu mengikuti channel Youtube PMB Fit ataupun Instagram PMB Fit Channel, mungkin sedikit banyak kamu sudah kenal saya (Denis) dan tahu ‘sejarah/perjalanan’ fitnes saya. Saya start dari badan overweight gemuk perut buncit, lalu mulai latihan fitnes gym (dan kardio HIIT) selama kurang lebih 6 bulanan, dan di tengah jalan menemukan ada cara lain bernama calisthenics aka street workout aka kalistenik (bodyweight training) yang saya tekuni hingga sekarang. Badan dan mental saya sudah banyak berubah guys, terutama karena calisthenics ini! Tidak saja badan saya sudah langsing atletis dan berotot (kalau perut sixpacks sih sudah otomatis mengikuti ya), tapi saya jadi (semakin) menyadari tentang banyak hal positif dan penting dalam hidup, seperti karakter tidak menyerah dalam meraih kesuksesan, ketekunan (gigih/ulet), kerendahan hati, sikap mau selalu belajar hal baru (open minded/terbuka). Calisthenics itu terlihat mudah (push-up, pull-up), tapi ternyata susah juga (banyak advanced skills-nya yang mirip dengan atlit gimnastik). Sehat fit bugar tanpa gym (misalnya kamu tidak punya uang lebih / tidak ada gym center di sekitar daerahmu) menjadi mungkin jika kamu melakukannya dengan benar, dan paham bagaimana cara membuatmu selalu berkembang sekecil apa pun setiap harinya!

Lanjutkan membaca “Sehat Fit Tanpa Gym, Mungkinkah? Mengenal Calisthenics atau Street Workout”